Rahasia Hidup Diberkati

Saudaraku sekalian,

Rahasia hidup diberkati, dilindungi, dijaga Tuhan adalah yang pertama, kita memberi diri untuk benar-benar dikembalikan ke rancangan Allah semula. Artinya kita berusaha untuk terus berubah menjadi manusia sesuai dengan rancangan Allah semula. Dan rancangan Allah semula adalah manusia yang di dalam segala hal yang dia pikirkan, ucapkan, lakukan selalu sesuai dengan pikiran perasaan Allah. Ini sama dengan hidup dalam kekudusan, hidup tidak bercacat tidak bercela, ini sama dengan memiliki kodrat ilahi atau mengambil bagian dalam kekudusan Allah (2Ptr. 1:3-4; Ibr. 12: 9-10).

Yang kedua, kita harus sungguh-sungguh mempersembahkan hidup kita bagi Tuhan; benar-benar kita tidak menyisakan untuk diri kita sendiri. Jadi apa pun yang kita miliki, kita rela dipakai untuk kemuliaan Tuhan. Itu tidak harus diberikan untuk gereja. Harus kita gunakan sesuai dengan pimpinan Roh Kudus. Makanya kalau orang dikembalikan kepada rancangan Allah semula, ia akan peka terhadap apa yang Allah kehendaki untuk dia lakukan. Hidup di dalam pengabdian kepada Allah.

Dan yang ketiga, merindukan Kerajaan Surga yang akan datang. Sungguh, warisan yang akan kita terima bersama Tuhan Yesus adalah kemuliaan yang tiada tara. Tidak ada sesuatu yang dapat mengimbangi nilai itu. Sekali pun seluruh harta di dunia dikumpulkan, berapa trilyun tidak tahu, tidak bisa dihitung, tidak ada artinya dibanding dengan Tuhan Yesus sebagai Tuhan yang akan bersama dengan kita dimuliakan oleh Allah Bapa.

Kalau kita benar-benar memenuhi tiga hal ini, kita tidak perlu takut menghadapi segala hal. Ketika nama kita dirusak, kadang hati kita menjadi kecut, kadang juga marah; tapi satu penghiburan yang Tuhan ajarkan adalah, bahwa kalau hidup kita milik Tuhan, nama baik kita merupakan pertaruhan untuk pekerjaan Tuhan, Tuhan pasti melindungi. Dan Tuhan juga akan proteksi, lindungi keluarga kita, lindungi orang-orang yang kita kasihi. Inilah rahasia sukses, rahasia keberhasilan hidup kita. Tetapi kalau kita tidak melayani Tuhan dengan baik, tidak hidup dengan benar, tidak menjadikan surga sebagai fokus, kita tidak layak menerima perlindungan Tuhan.

Bahkan semua kejadian yang kita alami bisa memuat berkat kekal, karena mau mengubah hidup kita menjadi orang yang layak dimuliakan bersama dengan Tuhan Yesus. Demikian pula dengan bisnis Saudara. Kalau bisnis Saudara adalah sarana untuk melayani Tuhan, maka Tuhan tidak akan membuat bisnis Saudara bangkrut, hancur, lalu rusak; tidak mungkin. Kalau pun harus mengalami kebangkrutan atau kehancuran pasti ada rencana Allah yang indah di balik semua itu.

Maka kita periksa diri kita, jangan-jangan kita juga punya dosa yang tidak kita sadari. Bagaimana kita dapat perlindungan Tuhan kalau kita menjadi orang calon neraka?  Jadi orang yang tidak hidup kudus, tidak mempersembahkan hidupnya sepenuh bagi Allah, tidak fokus ke langit baru bumi baru, bagaimana layak dilindungi Tuhan? Mari kita mengakhiri sisa hidup kita dengan baik dan betul-betul menjadi orang-orang yang layak diberkati.

Teriring salam dan doa,

Dr. Erastus Sabdono

Rahasia hidup diberkati Tuhan adalah memberi diri untuk benar-benar dikembalikan ke rancangan Allah semula, sungguh-sungguh mempersembahkan hidup bagi Tuhan dan merindukan Kerajaan Surga.